Selasa, 15 Februari 2011

MANUSIA DAN KEBUDAYAAN

Manusia diciptakan oleh Tuhan sebagai makhluk hidup yang paling sempurna, melebihi ciptaan Tuhan yang lain. Manusia terdiri dari jiwa dan raga yang dilengkapi dengan akal pikiran serta hawa nafsu. Tuhan menanamkan akal dan pikiran kepada manusia agar dapat digunakan untuk kebaikan mereka masing – masing dan untuk orang di sekitar mereka. Manusia diberikan hawa nafsu agar mampu tetap hidup di bumi ini.
Manusia juga diciptakan atasa perbedaan fisik, oleh karena itu manusia mempunyai cara-cara hidup yang berbeda.
Manusia mendiami wilayah yang berbeda, berada di lingkungan yang berbeda juga. Hal ini membuat kebiasaan, adat istiadat, kebudayaan dan kepribadian setiap manusia suatu wilayah berbeda dengan yang lainnya. Namun secara garis besar terdapat tiga pembagian wilayah, yaitu : Barat, Timur Tengah, dan Timur.

Manusia dan kebudayaan merupakan salah satu ikatan yang tak bisa dipisahkan dalam kehidupan ini. Manusia sebagai makhluk Tuhan yang paling sempurna menciptakan kebudayaan mereka sendiri dan melestarikannya secara turun menurun. 

Ada dua pandanganyang bisa dijadikan sebuah acuan tentang unsur-unsur yang membangun manusia.

1. manusia itu terdiri dari 4 unsur yang saling tekait, yaitu:
  1. Jasad: badan kasar manusia yang nampak dari luarnya, dapat diraba, difoto dan menempati ruang dan waktu.
  2. Hayat: mengandung unsur hidup yang ditandai dengan gerak.
  3. Ruh: bimbingan tuhandaya yang bekerja secara spiritual dan memahami kebenaran, suatu kemampuan mencipta dan bersifat konseptual yang menjadi pusat lahirnya kebudayaan.
  4. Nafsu: dalam pengertian diri atau pengakuan, kesadaran diri sendiri.
manusia sebagai suatu kepribadiian mengandung tiga unsur yaitu:
  1. ID, merupakan struktur kepribadian yang sangat primitif dan paling tidak nampak ID merupakan libido murni atau energi positif yang menunjukan ciri alami dan irasionaldan terkait dengan seks yang secara intingtual yang menentukan prose-proses ketidaksadaran.
  2. EGO, merupakan bagian dari atau kepribadian yang pertama kali dibedakan dari ID,sering kali disebut dengan kepribadian "eksekutif" karena peranannya dalam menghubungkan energi ID kedalam saluran sosial yang dapat dimengerti oleh orang lain.
  3. SUPEREGO,merupakan struktur kepribadian yang paling akhir muncul kir-kira pada usia 5 tahun. Dibandingkan dengan ID dan ego yang berkembang secara internal dalam diri individu, superego terbentuk dari lingkungan eksternal.
 HAKEKAT MANUSIA
1. Mahluk ciptaan tuhan yang terdiri dari tubuh dan jiwa sebagai satu kesatuan yang utuh.
2. Mahluk ciptaan tuhan yang palinng sempurna jika dibandingkan dengan mahluk lainnya.
3. Mahluk biokultural, yaitu mahluk budayawati dan hayati.
4. Mahluk ciptaan tuhan yang terikat pada lingkungan (ekologi) mempunyai kualitas dan bermartabat karena    kemampuan bekerja dan berkarya.


Kebudayaan
Kebudayaan berasal dari segi asal bahasa sansekerta budhayah yang berarti budi atau akal. Dalam bahasa latin colere yang berarti mengolah tanah. Secara umum kebudayaan itu adalah segala sesuatu yang dihasilkan oleh akal budi manusia dengan tujuan untuk mengolah tanah atau tempat tinggalnya atau dapat pula diartikan segala usaha manusia untuk dapat melangsungkan dan mempertahankan hidupnya didalam lingkungannya.

-Menurut dimensi wujud kebudayaan  mempunyai 3 unsur, yaitu :
1.      Kompleks gagasan, konsep dan pikiran manusia
2.     Kompleks aktivitas
3.     Wujud sebagai benda     

-Secara umum kebudayaan menyangkut 5 hal pokok dalam kehidupan manusia, yaitu :
1. Hakekat hidup manusia
Ada yang berusaha untuk memadamkan hidup ada pula yang dengan pola-pola kelakuan tertentu menganggap hidup sebagai suatu hal yang baik, mengisi hidup.
2. Hakekat karya manusia
Ada yang beranggapan bahwa karya bertujuan untuk hidup, karya memberikan kedudukan atau kehormatan, karya merupakan gerak hidup untuk menambah karya lagi.
3. Hakekat waktu manusia
Ada yang mementingkan orientasi masa lampau, ada yang berpandangan untuk masa kini atau masa yang akan datang.
4. Hakekat alam manusia
Ada yang menganggap manusia harus mengeksploitasi alam atau memanfaatkan alam semaksimal mungkin ada pula yang beranggapan manusia harus harmonis dengan alam dan manusia harus menyerah pada alam.
5. Hakekat hubungan manusia
Ada yang berpandangan mementingkan hubungan manusia dengan manusia baik secara horizontal maupun vertikal dan ada pula yang berpandangan individualistis.

Dalam hal budaya, setiap negara memliki hal yang ditakutkan dengan kebudayaannya masing-masing. Karena dengan perkembangan zaman yang sangat cepat ini setiap kebudayaan dari luar dapat masuk kapan saja dan bahkan menghilangkan kebudayaan asli dari negara itu sendiri.
Beberapa hal lain yang dapat merubah kebudayaan adalah :
1.   Sebab yang berasal dari dalam masyarakat dan kebudayaan sendiri, misalnya perubahan jumlah dan komposisi penduduk
2.  Perubahan lingkungan alam dan fisik tempat mereka hidup. Masyarakat yang hidupnya terbuka yang berada dalam jalur hubungan dengan masyarakat lain. Cenderung untuk berubah lebih cepat.
Hubungan manusia dan kebudayaan adalah manusia sebagai perilaku   kebudayaan dan kebudayaan merupakan objek yang dilaksanakan manusia.  Manusia menciptakan kebudayaan dan kebudayaan mengatur hidup manusia agar sesuai dengannya.

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Share

    Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites